Wednesday, October 18, 2017

Tips Merawat dan Menjaga Keamanan Laptop


Tips Menjaga Keamanan Laptop



laptop merupakan surga dunia, apa lagi buat seorang mahasiswa. namun maukah anda jika laptop anda mengalami hal-hal yang buruk. Apalagi yang namanya virus, virus menjadi momok menakutkan untuk para pengguna komputer. Masalah serangan virus komputer sangat serius, karena sangat berbahaya untuk keamanan data-data penting milik kita, selain itu penting juga mengetahui cara merawat komputer dengan baik, sehingga komponen komputer dapat terhindari dari kerusakan, yang ditakutkan data-data penting di dalam komputer akan lenyap.
berikut ini saya bagikan tips menjaga keamanan komputer

1. Lakukan pemeriksaan data dan program di komputer secara rutin


Maksudnya yaitu pemeriksaan dari keadaan sistem operasi  dan juga harddisk komputer Kamu, hal ii cukup penting agar performa komputer dapat baik dan stabil. Kamu perlu melakukan defrag dengan rutin, seperti sebulan atau dua bulan sekali, kemudian update  merupakan hal yang penting. Kemudian periksa update program-program penting yang ada di komputer, seperti antivirus dan lainnya yang penting.

Sedikit penjelasan mengenai defrag, dimana saat Kamu memindahkan (move), copy, ataupun delete file, maka komputer meletakan bits dan potongan file di ruang-ruang kosong (di harddisk), tetapi ada bagian ruang yang sebenarnya ruang kosong, tetapi tidak dapat dimaksimalkan oleh komputer. 

Sehingga disinilah peran defrag untuk mencari ruang kosong di harddisk, untuk mengumpulkannya lalu mengaturnya. Sehingga dengan melakukan defrag, maka ruang kosong di hard disk akan dapat digunakan secara optimal. Untuk melakukan defrag bisa dengan menggunakan software DiskSpeedUp, PCSuite Defrag Pro dan lainnya.

Adapun Chkdsk untuk memeriksa error yang ada pada hard drive Anda. Sehingga dengan melakukan Chkdsk, kamu dapat memeriksa apakah terdapat bad sector pada harddisk.

2. Pastikan Komputer agar tetap dingin (tidak kepanasan / overheat)


Agar kinerja komputer dapat terawat dengan baik ,maka pastikan agar kondisi suhu komputer jangan sampai overheat / kepanasan. Nah, caranya yaitu pastikan bahwa aliran udara panas dari dalam komputer, dapat keluar dengan lancar. Untuk itu, kipas di dalam komputer berfungsi untuk mendinginkan, pastikan kondisinya baik untuk membuang udara panas dari dalam CPU komputer.

Kemudian Kamu juga perlu memeriksa suhu prosesor, Kamu bisa menggunakan bantuan dari software SpeedFan salah satunya, kegunaannya adalah untuk mengetahui kondisi temperatur pada komponen-komponen perangkat keras yang ada di komputer.

3. Pastikan kinerja UPS tetap dalam keadaan baik


UPS memiliki kegunaan untuk menjaga agar jangan sampai terjadi pemutusan daya secara mendadak pada komputer, dimana sangat berbahaya jika mematikan komputer tanpa adanya prosedur shutdown. Sehingga dengan adanya UPS, ketika listrik tiba-tiba mati, Kamu tetap punya kesempatan untuk mematikan komputer sesuai dengan prosedur shutdown.

Kan tetapi UPS dapat menjadi bumerang jika daya yang ada didalamnya terlalu penuh. Dimana pada penelitian yang dilakukan, bahwa baterai UPS bisa berbahaya. Dimana baterai UPS yang menyerap daya listrik sehingga menambah daya di dalamnya.

Dimana ada kemungkinan ada daya yang tidak digunakan, yang lambat laun akan menumpuk di dalam baterai. Sehingga arus listrik yang terlalu besar pada baterai berpotensi untuk merusak komponen komputer. 

Untuk Mengatasinya adalah dengan secara rutin, seperti 2-3 tahun sekali mengganti baterai UPS, Kamu bisa memperoleh baterainya di toko yang sama ketika membeli UPS. Selain itu, hindari memasang printer atau perangkat eksternal lain pada UPS, karena dikhawatirkan perangkat tersebut bisa menjadi korban, karena arus listrik yang besar mengalir dari UPS. 

4. Gunakan AntiVirus


Lalu poin kelima ini, tentunya semua sudah tahu “wajib” harus ada di komputer. Banyak tersedia  antivirus berkualitas dan gratis yang bisa kamu gunakan, yang tidak kalah untuk menghancurkan virus yang berbahaya. Seperti Avast, Avira, AVG, Norton, antivirus lokal Smadav dan lainnya.

Program antivirus dirancang untuk melindungi komputer dari serangan virus. Dan gencarnya serangan dari jenis virus baru maka program antivirus juga perlu Kamu update secara rutin. 

5. Update program-program penting

Lakukan update pada program-program penting, utamanya pada program keamanan komputer. Selain itu juga update Operating System Kamu yang original, serta juga driver sehingga dapat lebih baik.

6. Berhati-hati dalam browsing


Dimana situs-situs berbahaya dan juga tidak baik, seperti situs p*rno, software ilegal atau bajakan, judi dan semacamnya, sangat rentan terdapat kandungan virus internet pada situs-situs model seperti itu. Untuk itu, browsing-lah secara sehat, untuk mengunjungi situs-situs yang baik dan bermanfaat, hindari situs-situs yang tidak baik.

7. Selalu scan file yang di download
Jika file yang Kamu download berasal dari situs yang memang tidak terlalu dikenal keamanannya, maka Kamu tetap perlu waspada, untuk itu lakukan scan pada file-file yang Kamu download. Karan mencegah itu lebih baik dari pada mengobati….

8. Jangan membuka lampiran dan tautan di email dari sumber yang tidak jelas
Dimana penyebaran virus internet juga sering terjadi via email. Terutamanya apabila isi di dalam email, ada file seperti EXE, VBS, BAT. Dan dikirim oleh orang asing, maka kamu perlu waspada, karena ada kemungkinan bisa-bisa virus internet itu ada disana.

9. lakukan Backup pada data penting
Hal yang sangat menyedihkan bagi pengguna komputer adalah hilangnya data-data penting di dalam komputer, dengan apapun sebabnya. Untuk itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan maka segera backup terhadap data-data penting milik Kamu, lalu simpan di tempat yang aman, seperti pada layanan cloud internet atau tempat lainnya.

No comments:
Write comments